Pernahkah kita disaat melakukan installasi software Windows XP, lalu kita menemukan ada beberapa driver yang tidak mendukung/tidak ada dalam database Windows XP, sementara kita tidak memiliki program installer? Sekarang anda tidak perlu khawatir karena ada tips yang saya ambil dari Blog Mr. IT Guy (Thanks to Mas Pandu🙂 )

Hal yang sebelumnya Anda ketahui, semua device sejak jaman PCI sampai sekarang selalu memiliki Vendor ID dan Device ID. 2  informasi ini yang harus kita temukan. Adapun cara menemukan Vendor ID dan Device ID adalah sebagai berikut:

Pertama, buka Windows Explorer. Temukan “My Computer”, lalu klik-kanan dan pilih “Properties”:

Akan terbuka Window “System Properties”. Pilih tab “Hardware” lalu klik tombol “Device Manager”:

Akan terbuka Window “Device Manager”. Perhatikan dalam contoh saya, ada 1 device yang tak dikenal, berjudul “Audio Device on High Definition Audio Bus”. Klik kanan device tersebut, dan pilih “Properties”:

Akan terbuka box properties device yang bersangkutan. Klik pada tab “Details”, dan pastikan “Property” yang terpilih adalah “Device Instance Id”:

Perhatikan informasi yang tertera. Ada 2 informasi yang paling penting: Vendor ID (dalam contoh di atas, VEN_10EC) dan Device ID (dalam contoh di atas, DEV_0883). Catat kedua informasi (vendor = 10EC dan device = 0883).

Cara menemukan informasi Device tersebut
Nah, sekarang Anda kunjungi situs ini di mana Anda bisa menemukan informasi divais (www.pcidatabase.com). Masukkan Vendor ID dan Device ID yang Anda temukan:

Voila! Anda sekarang tahu device tersebut buatan siapa, sehingga Anda tidak perlu salah pilih. Atau, Anda sekarang tahu bisa men-download driver yang tepat dari mana

Ini sangat penting terutama jika vendor yang bersangkutan membuat lebih dari 1 device sejenis. Sebagai contoh, terdapat macam2 driver untuk LAN buatan Realtek, seperti 8019, 8029, 8100, dst. Mana yang harus dipakai? Dengan bantuan http://www.pcidatabase.com, Anda tidak perlu takut salah memilih device:

Semoga bermanfaat.😀, Sekali lagi thanks to mas Pandu The IT Guy.