Surabaya – Selama 2 hari lalu pada tanggal 19-20 Desember 2008, saya diutus sekolah mengikuti training IRCA (International Register of Certificated Auditor) untuk kompetensi dan posisi saya dalam sistem manajemen mutu iso 9001:2000 di sekolah mendampingi MR dalam mengelola manajemen sekolah.

Selama 2 hari tersebut saya mendapat informasi terbaru iso 9001:2008 (dibaca: iso 9001 revisi 2008), secara standar revisi seharusnya terjadi 5 tahun sekali jatuh pada tahun 2005.

Disana saya mendalami ilmu dasar, regulasi, kode etik, kriteria, dll yang menjadi persyaratan seorang audit internal organisasi. Setelah selesai training, saya terapkan langsung dengan AMI di sekolah pada tanggal 23 Desember 2008.

Untuk  menjadikan sekolah mempunyai spirit/semangat ISO tidaklah semudah yang dibayangkan, dibutuhkan kerja keras, penataan visi teman sekantor dan masih banyak yang lainnya.

Semoga kedepan ilmu saya dapat bermanfaat untuk yang lain, dengan menulis artikel ISO 9001.

“Tulis apa yang anda kerjakan, kerjakan apa yang anda tulis”

“Lakukan pendekatan proses – PDCA”