Setelah beberapa saat lalu setelah saya menulis artikel tentang program keamanan palsu di blog ini, kemarin (30/10/2008) pukul 19.15 komputer kantor aq kebobolan juga oleh program tersebut… “Saat itu aq agak tegang juga plus bingung, waduh biasanya anti virus aq bisa handle”.

Ceritanya.. saat malam itu aq dapet kebagian job desain kalender sekolah tahun 2009 ama mr. mulyana, nah akhirnya aku nyari tool brushes photoshop di internet ma nyari model vector photoshop. Pukul 19.00 tiba-tiba komputer aq restart sendiri.. “kaget campur tanda tanya besar, ada apa gerangan gak biasanya kayak gini.”

Setelah booting selesai dan masuk login user session di xp, di tray icon ada icon yang berisi tooltip “komputer anda terkontaminasi oleh spyware! by AntiSpyware 2009“. Dalam pikirku kalau aq coba klik pesan ini pasti terinstall dan masuk program jahatnya. Pikiran penasaranku untuk mencoba akhirnya tidak tertahan, “gimana seh rasanya?”. Kemudian Aku klik…….

Benar! kemudian saat proses downloading.. masih 10%, “STOP!” Aku mengklik mouseku.  Aq gak pingin resiko dataku kacau.

Aq sempet geleng-geleng, dalam batinku “becanda kali… :)”, eh ternyata beneran!!! antivirus “AVIRA Free – Personal Edition” aq kondisi disable. Aq cek firewall komputer juga di off-kan. Hujan membasahi kantorku, disaat itu pula pikiranku rada kacau karena melihat posisi jam udah menunjukkan pukul 20.00 WIB, pikirku “waduh ditunggu anak istriku nih dirumah?”.

Agak lama juga sampet bingung .. namun teringat sempet baca di detikinet.com untuk cara menangani program anti virus palsu dengan Norman Malware Cleaner. Alhasil deteksi namun menurut aq belum bisa memberikan solusi masalah aq. Akhirnya aq lari ke product Lavasoft Ad-aware 2008, cari yg “Free”, sukanya khan gratisan hehehe… abis itu aq download ma update definition database-nya skalian. Mumpung lagi proses aq repair antivirus “AVIRA”.

Kemudian aq masuk windows explorer masuk direktori “c:/windows” dan “c:/windows/system32” untuk mengecek file yang masuk. Aq cek file modified dengan tanggal dan jam terakhir. “Wah ternyata ada puluhan file yang masuk sistem komputer aq, padahal hanya 10% proses download” pikirku. Lalu aku “Delete” dengan tombol “Shift + Delete” untuk menghapus secara permanen.

Akhirnya selesai juga… Kemudian aq install Ad-aware 2008 dan aq tinggal pulang, karena jam menunjuk pukul 21.15 WIB

Hari ini (31/10/2008), pagi hari aq datang bersama hujan yang membasahi kota Surabaya. Setelah selesai update, aq reboot.

Alhamdulillah, “AVIRA” aq enable lagi. Aq scan Antispyware dan Antivirusku. Dan ternyata virusnya ma temen-temenya udah bisa dihandle ma keduanya.

Aq cek di quarantine “AVIRA”, karena kebiasaan aq tidak langsung menghapus dulu karena untuk mengecek virus apa yg masuk ke komputer aq. Setelah aq liat … wow mulai script html, trojan horse, hingga backdoor server program (ini yg bahaya) masuk dikarantina.

Oh iya tips baru untuk anda, soalnya kemaren lupa! maklum hanya manusia biasa.

  1. Pastikan anda memiliki Anti virus yang terpecaya menurut anda dan pastikan pula ter-update. Selain itu pastikan telah dilakukan scan dengan teratur (terjadwal). Soalnya ini yang membuat saya lupa, hehehe…
  2. Pastikan anda memiliki Anti Spyware, malware dan sejenisnya yang terpercaya menurut anda. Ini aq juga lupa karena memiliki cpu baru, akhirnya aq lupa meng-install hanya antivirus saja yang aq install.
  3. Pastikan Firewall komputer anda aktif. Jika kurang berkenan dengan bawaan windows maka cari third-party software untuk menjaga keamanan komputer anda saat menjelajah internet.

Berikut ini daftar anti virus palsu:

Windows Antivirus
Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Windows Antivirus 2008/2009.

Micro Antivirus 2009
Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah MS Antivirus.

Antivirus Security
Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah XP Antivirus.

XP Protector 2009
yang juga merupakan clone dari Antivirus XP 2008

Total Secure 2009

AntiSpyware Pro XP
Aplikasi ini merupakan clone dari Antispyware 2008 XP.

Antivirus Lab 2009
Aplikasi yang sejenis dengan ini adalah Antispycheck.

AntiVirProtect
Thats’it.  Semoga pengalamanku bermanfaat.