Software Pembelajaran Murottal Al-Quran

Pasti kita pernah mendengar istilah “murottal”. Apa sih murottal itu? Murottal merupakan cara membaca kitab Al-Quran dengan irama tertentu. Ada banyak nada yang bisa dijadikan dasar dalam murottal. Namun irama yang paling populer adalah irama rost dan nahawand.

Kehadiran teknologi dan informasi saat ini sangatlah  membantu kita dalam melakukan ibadah mendekatkan diri kepada Allah salah satunya adalah mendengarkan murottal. Dengan melalui situs google.com kita akan mendapatkan banyak link situs untuk memperoleh software pembelajaran murottal ini. Ada beberapa software terbaik yang bersifat gratis yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah software The Zekr Project.

The Zekr Project merupakan software pembelajaran Al-Quran didukung audio secara online sedang untuk offline kita perlu download resources. The Zekr Project ini pertama kali dibuat bagi pengguna Linux Ubuntu Muslim namun pada perjalanan berkembang banyak permintaan sehingga aplikasi ini dapat dijalankan dalam sistem operasi Windows, Ubuntu, dan Macintosh.

Keunggulan software ini adalah telah mendukung 19 bahasa termasuk bahasa Indonesia, mendukung themes/skin, dan resources murottal yang dapat kita tentukan sendiri. Dalam sisi tampilan kita juga dimudahkan dalam pemilihan surat ataupun ayat Al-Quran. Saat klik surat yang kita pilih maka secara otomatis muncul nama surat, nomor surat, jumlah ayat, jenis surat, nomor juz surat. Disamping itu kita dapat mencari kata-kata Alquran ataupun terjemahannya.

Software ini juga didukung audio secara online (terhubung dengan internet), sedang untuk offline kita dapat mendownload dulu sumber audio murottal.

Bagi anda penggemar browisng via HP dan suka social networking, software ini juga ada di aplikasi facebook.

Tertarik untuk software pembelajaran ini? Software pembelajaran ini dapat kita lihat di http://www.zekr.org, untuk download software di http://downloads.sourceforge.net/zekr/zekr-0.7.1-setup.exe., untuk alamat aplikasi facebook di http://apps.facebook.com/quranic_verses/?browser&_fb_fromhash=39ce2dc97314182d609aa09de78484cd.

Selamat Belajar…!